Wednesday, May 6, 2015

Roti Metode Tangzhong

Tadi pagi sy coba membuat Roti metode Tangzhong atau metode water roux yg sy dapat di blognya klik JTT,sy copas secara singkat metode ini( suatu teknik membuat roti yang dikembangkan di China untuk menghasilkan roti yang lebih lembut dan lebih kembang. Aslinya metode ini ditemukan di Jepang)..Saya sendiri belum pernah membuatnya,ini pertama kali sy buat selamat mencoba


Balik ke crita roti,sebetulnya roti ini untuk hantaran Neng Ira yg mau pulang ke Indonesia,karena habis masa kerja di sini.Nah pagi pagi Dn dach nyiapin aneka isiannya,dari ngeluarin sosis drai freezer,nyiapin Ceres ,abon dan bikin isian ayam.Jam 11 siap siap bkn,di tengah nguleni roti .Tiba tiba kakak minta di anter ke nagoya nyari Sepatu ..ah maunya yg running shoes gitu lah ,puyeng anak perjaka nih.Nah ini tukang sepatu cuma ada di nagoya,hiks kudu ke kota gede dah.Berhubung adonan roti baru berjalan beberapa saat,duuh gimana???  Ngk mungkin toh adonan di tinggal di tengah jalan,akhirnya tak suruh nunggu kalo mo di anter..Lah kok ngak tenang ya,perassan yakin gagal nih bikin roti.Nah jadi gedebak gedebuk beneran waktu bikin..Adonan belum naik bener baru 40 menit sdh dn bentuk,terus tahap selanjutnya hrsnya fermentasi ke 2 di diamkan 2o menitan sy persingkat entah berapa menit yg pasti kurang dari 20 menit..terus pembakarannya juga super cepet 15 menit dgn suhu 170 dc..Alhasil bisa di tebak hasil akhir adak keras,harus beneran oalah raga gigi.Kelihatanya lembut ya tapii..aloot,sy lihat anak anak mah bolak balik aja nyomotin nih roti..Akhirnya roti ini ngak jadi sy kasih ke neng Ira,kasihan kan kalo kudu sport Gigi..Besok kudu di coba lagi nih..

Roti metode tangzong
Sumber: JTT

Bahan adonan Tangzhong:- 50 gram tepung terigu protein tinggi 
- 250 ml air 

Bahan roti:
- 540 gram tepung terigu protein tinggi
- 1/2 sendok teh garam
- 4 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh ragi instan, sekitar 11 gram  (bisa pakai Fermipan atau Mauripan)
- 2 sendok makan susu bubuk full cream
- 1 butir telur, kocok lepas
- 115 ml susu cair hangat
- 185 gram adonan Tangzhong
- 50 gram mentega/margarine, dilelehkan. Bisa diganti dengan minyak goreng biasa


Membuat rotiMembuat adonan Tangzhong:

Siapkan panci kecil, masukkan tepung terigu. Tambahkan 1/4 bagian air, aduk dengan spatula hingga larut dan bebas gumpalan. Tambahkan sisa air dan aduk rata hingga tepung larut. 

Masak di atas kompor dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi kental, pekat seperti bubur sumsum. Angkat dan sisihkan hingga dingin.  Ambil 185 gram adonan Tangzhong untuk adonan roti.

Membuat adonan roti:


Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu dan garam. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan ragi instan, gula pasir dan susu bubuk. Aduk rata. Tuangkan kocokan telur, susu cair, 185 gram adonan Tangzhong, dan margarine/mentega cair, aduk dengan spatula hingga menjadi gumpalan adonan kasar yang lembab.

Siapkan meja kerja anda, taburkan dengan sedikit tepung pada permukaan meja. Bersihkan permukaan telapak tangan anda, keringkan dan jaga jangan sampai banyak adonan yang lengket di sana.  Tuangkan adonan ke atas meja dan gumpalkan dengan kedua tangan. 
Uleni adonan dengan cara meremas, menekuk dan menekannya hingga adonan menjadi smooth elastis. Jika adonan terasa lengket maka taburi permukaan meja dengan sedikit tepung dan celupkan telapak tangan anda di dalam tepung. Sekali-sekali bersihkan telapak tangan dari adonan yang menggumpal dengan mengikisnya menggunakan punggung pisau. 

Tips agar proses menguleni menjadi lebih mudah pada adonan yang lengket:
Taburi permukaan meja dengan tepung; Lumuri telapak tangan dengan tepung; Selalu bersihkan telapak tangan dari gumpalan adonan; Jaga telapak tangan tetap kering. 

Jika adonan terasa mulai lembut, dan kenyal serta tidak lagi menempel di tangan (sekitar 15 menit proses menguleni), bulatkan adonan menjadi bola yang permukaannya halus seperti gambar di atas. 

Letakkan bola adonan di dalam mangkuk yang telah diolesi dengan minyak. Tutup permukaan mangkuk dengan kain (tidak perlu kain basah). Diamkan selama minimal 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 - 3 kali lipat besarnya. 

Jika anda menguleni dengan mikser heavy duty

Masukkan tepung terigu dan garam ke dalam mangkuk mikser, proses dengan kecepatan low selama 3 detik. Masukkan ragi instan, gula dan susu bubuk, proses selama 2 - 3 detik.

Masukkan semua bahan lainnya, proses dengan kecepatan rendah sampai tercampur dengan baik kemudian naikkan kecepatan mikser menjadi sedang dan uleni adonan selama 10 menit hingga adonan terlihat smooth dan tidak menempel di mangkuk. Matikan mikser dan keluarkan adonan, bulatkan hingga smooth dan masukkan ke dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak pada permukaannya. Tutup dengan kain dan diamkan hingga kembang minimal 2 kali lipat
Disini sy tdk di cetak tapi hanya di bentuk kecil dgn ukuran 50 gr.kemudian ikuti cara JTT
Masukkan adonan ke dalam loyang, rapikan bentuknya. Tutup permukaan loyang dengan kain dan diamkan selama 20 menit. Olesi permukaan adonan Panggang roti selama 40 menit atau hingga permukannya tampak kecokalatan dan matang. 

Untuk lebih jelas silahkan lihat di sumbernya langsung ..mksh ya mbk untuk resepnya























































































































































































































































 

 
 
 
 

No comments: