Tuesday, December 2, 2008

KIMCHI

Ini Kimchie ke 4 Dakuw,setelah trial n error .Tapi karena penasaran dan emank dakuw suka benget ama menu yg atu ini.Jadi terus di coba,Kimchi ini rahasia cantik Wong Korea loch..Liat siini yuuk.Resep punya temen When Park heo seong.

Bahan:
Bumbu
1 kg sawi putih
sedikit Kucai potong panjang 3 cm
100 gr garam
1 cm Jahe
100 gr bawang putih
300 gr cabe merah besar (buang bijinya)
3 sdm Minyak ikan (lebih baik dan enak buatan Korea)
1 r 2 sdm cabe giling (lebih enak buatan korea)
3 sdm gula putih

Cara membuat:
Belah 2 sawi putih,lalu beri taburan garam hingga rata ke setiap lembaran sawi.
Siapkan ember besar,lalu susun satu persatu.Dgn batang sawi berada di bawah (berdiri)
Biarkan 1 atau 2 jam hingga garam meresap.sisihkan
Blender,bawang putih,cabe merah,Hingga halus.Setelah halus,campur dgn cabe giling, minyak ikan,dan kucai.Cicip dan sesuaikan selera .sisihkan
Setelah garam meresap ke dlm sawi,cuci hingga bersih.(menuruk park mencuci sawi kur 4 kali balikan,terakhir cuci dgn menggunakan air aqua,kegunaannya,spy sawi betl betul steril).Terakhir peras sawi hingga tdk ada air dlm sawi.Beri bumbu yg telah di campur hingga rata,tiap tiap lembar.Setelah rata diamkan dlm ruang kira kira 5 sampe 7 jam..
Baru kemudian masukkan ke dlm lemari pendingin

Note:
Ketika mencuci sawi putih,hrs betul betul bersih tanpa getah sedikitpun.Jika masih tersisa getah kimchie akan menjadi basi.Memerassawi harus hati hati,spy tdk hancur daun sawinya.
Membuat kimchie memerlukan ke telatenan dan kesabaran..Jika gagal membuatnya jangan bosan untuk mencoba terus..Selamat mencoba

1 comment:

Awondis said...

Kimchi makanan kuliner enak siap saji