Friday, December 25, 2009

Haemul Pajeon (Seafood pancake)

Haemul pajeon (seafood pancake) atau anak anak sering bilang bak'wanya daun bawang.Setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu yg harus ada di meja makan.karena manfaat daun bawang menurut hubby *ATAMA NO NETSU TORU*maksudnya(menghilangkan hawa panas di otak)..organ tubuh bagian kepala itu mesin yg paling berat kerjanya katanya.Karena di gunakan untuk berpikir ,dan sebetulnya juga kepala kita itu kadang sering tdk tahan menahan panasnya.Maka kadang sering timbul penyakit sakit kepala,tapi kadang kita tdk menyadarinya.Untuk mencegahnya timbul keluar panas dr mesin kepala kita,di butuhkan makanan yg sifatnya mendinginkan.
Salah satu makanan yg sifatnya mendinginkan itu yaitu daun bawang..biasanya jika hubby kelewat stress,dia pasti telp untuk masak menu ini.,karena seringnya telp.Akhirnya menu ini,jadi menu yg harus ada.
Aroma daun bawang tdk akan tercium atau rasa pedasnya tdk akan terasa jika di beri campuran seafood.resep aseli disiniKorean Cuisine Seafood Pancake ....resep ini ngak pake takaran,sy biasanya cuma mengira ngira sesuai selera..Pancake ini hampir mirip pizza,tipis jangan terlalu banyak tepung.Daun bawang dan adonan tepung harus seimbang.Untuk seafood,biasanya sy beli yg sdh kumplit.

Bahan:
tepung beras
terigu
Air
Sea food
cabe potong tipis (jika suka )
telur
Daun bawang
2 sdn minyak oliveoil (suka suka )

Bahan saus ala nien:
Cuka (gunakan cuka khusus membuat susi,karena rasanya tdk terlalu asam)
Minyak cabe (di buat dari minyak wijen dan cabe) malas bikin beli ,bisa beli jadi tersedia di supermarket
Soyu (kecap asin)


Cara membuat:
Campur smuanya bahan di atas jadi satu aduk hingga rata.
panaskan teflon dan 2 sdm minyak,ratakan adonan(usahakan adonan dan bahan sayur sama rata).
Jangan terlalu tebal,jangan terlalu tipis.Balik dgn hati hati.seperti membalik pancake.
Hidangkan Haemul Pajeon hangat hangat dgn saus atau saus sambal..

Saus ala nien:
Campur bahan saus hingga rata..

Note:
Gunakan pisau pemotong pizza untuk memotongnya..spy tdk berantakan.
Membalikan Haemul ini kudu ati ati..gunakan ke 2 tangan ,satu pegang teflon satu tangan memegang penyerok. ayun secara bersamaan.(jangan tinggi tinggi mengayunnya ya,gerakan harus sama dan seimbang.jangan takut dan ragu ragu ketika mengayun teflon,karena bagian bawah sdh agak mengeras)semoga tdk susah penjelasannya

No comments: