Saturday, December 26, 2009

Nasi Kacang merah (OKOWA)

Okowa ini adalah nasi yg di masak dgn mencampurkan kacang azuki (kacang merah),beras yg di gunakan yaitu mochi gome (beras ketan).Jadi teksture aselinya seperti nasi ketan,Jika memasak Okowa ini ,sy tdk pernah mengunakan beras ketan,tapi nasi biasa yg untuk di konsumsi sehari hari. di ind sy mengunakan beras pulen dan wangi (antara pandan wangi dan beras cianjur maaf sy lupa).
Rendam kacang semalam,spy kacang tdk keras.Simpan kacang yg di rendam air dlm kulkas.spy air rendaman kacang tdk basi dan berlendir.karena rendaman air kacang juga di gunakan untuk menanak nasi.jika air rendaman kacang tdk mencukupi bisa di beri tambahan air biasa..dan jika kelebihan air bs di kurangi..Menggunaan air tergantung masing masing beras yg di gunakan.Cara sy 3 cups beras,3 cups sedikit lebih air yg di gunakan(karena jenis beras yg sy gunakan,hrs banyak air).Jadi seperti memasak nasi biasa.
Ini resep OKOWA ala Nien
Bahan:
3 cups beras(cups biasa ukuran beras yg kecil)
Air (gunakan air rendaman azuki ..bisa di tambah dan di kurangi)
100 gr Kacang merah (cuci dan rendam semalaman)
Toping campur jadi satu aduk rata :
garam (secukupnya9
Wijen hitam (suka suka)
Cara membuat:
  1. Cuci kacang merah hingga bersih.rendam semalam
  2. Cuci beras seperti biasa dan tanak seperti biasa,meaukan air,kacang merah beserta air rendamann kacangnya. (sy menanaknya mengunakan Electric rice cooker).Masak hingga matang.
  3. Setelah matang,langsung aduk dan diamkan 10 atau 5 menit lagi..baru kemudian di angkat .
  4. Okowa siap di hidangkan dgn taburan wijen hitam dan garam.
  5. Atau bisa bentuk sesuai selera bisa buat bekal picnik atau makan siang di taman
NOTE:
Cara menghidangkan okowa ..Ketika nas hendak di hidangkan..... beri taburan garam dan wijen hitam terlebih dahulu.pemberian garam jgn terlalu banyak asal ada rasa sajah.Jika akan di bentuk menghidangkannya.
Bentuk terlebih dahulu okowa baru di beri taburan wijen hitam dan garam.