Thursday, May 26, 2011

LBT ke #3# Butter Cake

LBT (Lets baking Together).Group pertama yg sy ikuti di dunia maya,tepatnya FB.
Ini juga baru sy ikuti setelah PR yg ke 3,dgn tema butter cake.Dinote LBT di tulis Deskrips si Butter cake ini.Silahkan baca di bawah alasannya copas,spy bisa membedakan macam macam cake.jadi sebelum membuat sy bisa membacanya lagi secara detil.


Tema : BUTTERCAKE
Host : Diah Raki

Butter cake sering juga disebut dengan Cream Cake. Karena dibuat dengan menggunakan ‘Creaming Methode’ yaitu mengocok mentega/margarine dan gula terlebih dahulu hingga lembut, baru kemudian dimasukkan bahan-bahan lainnya. Jenis butter cake yang dikenal paling tua/kuno adalah Pound Cake, dimana pada jaman dulu cake ini dibuat dengan takaran jumlah bahan yang semuanya terdiri dari masing-masing 1 pound (sekitar 450 gram).
Butter cake mempunyai rasa yang ‘buttery’, bertekstur padat tetapi moist dan lebih beremah. Di antara jenis cake yang lain, jenis butter cake ini tingkat kegagalannya cukup rendah, bahkan ada yang menyebutnya CAKE ANTI GAGAL, insyaAllah. Tapi untuk membuat hasilnya maksimal, tentu saja tetap harus membuatnya dengan baik dan benar ya ;)
Kunci dari butter cake ini adalah pengocokan yang TIDAK BERLEBIHAN. Cukup kocok mentega dan gula hingga lembut dan ringan, tidak perlu terlalu lama hingga mengembang sekali. Sebaiknya gunakan gula pasir yang butirannya halus (gula kastor) hingga pada saat pengocokan mentega/margarine gula akan cepat larut. Saat memasukkan telur, masukkan satu persatu dan kocok rata setiap di setiap penambahannya cukup sampai telur menyatu, jangan terlalu lama.
Jika menggunakan bahan cair dalam adonannya seperti susu, buttermilk, yogurt, sour cream, dll maka gunakan teknik 3-2 antara penambahan terigu dan bahan cair. Jadi masukkan terigu dalam 3 tahap dan masukkan bahan cair dalam 2 tahap berselang seling. DIAWALI dan DIAKHIRI dengan TERIGU. Untuk penjelasan ilmiahnya agak panjang untuk dijelaskan disini.

PR pertama ini sy buat butter cake rasa asin

*CUP CAKE ALA PIZZA*

Sumber Buku cup cake lezat yg sdg tren by Sedap
No anggota 233..

Bahan:
200 gr mentega tawar dingin
1/4 sndok teh garam
100 gr gula pasir halus(pake 30 gr sugar powder)
4 butir telur
200 gr tepung terigu
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt baking powder.
30 gr tepung meizena,60 ml susu cair hangat(larutkan ke duanya)

*Bahan Toping*
100 gr saus pizza siap pakai untuk olesan
1/4 paprika merah,potong kotak(potong kotak kecil kecil )
1/4 paprika hijau potong kotak (potong kotak kecil kecil agak halus )
1 buah sosis sapi,potong potong (pake smoke ikan tuna sebagian)
1/4 bwg bombay,potong kotak (ptg ktk kecil /rajang halus)
1 buah jagung manis pipil (ngak pake)
100 gr keju mozzarella untuk taburan

*Cara membuat Cake*Kocok mentega tawar,garam,dan 1-gula sampai lembut(pengertian sy di kocok ampe lembut putih ringan yaitu:di colek tangan terasa lunak ).
2-Tambahkan telur satu persatu bergantian dgn tepung terigu sambil di ayak dan di kocok rata.
3-Masukkan sisa tepung terigu,bwg putih dan Bf sambil di ayak dan di aduk perlahan bergantian dgn larutan tepung meizena.
4-Tuang di cetakan cups cake atau muffin (pendek lebar)
5-Oven selama 23 mnt dgn suhu 180 dc (tergantung oven masing masing,oven sy 150 dc suhu sedang)
6-Olesi permukaan cups cake dgn saus pizza,tabur paprika merah,paprika hijau,sosis sapi,bwg bombay dan jagung manis.Taburi keju mozzarella.oven sebentar dgn api atas hingga keju meleleh.(cara sy,karena toping sy oseng.tinggal di tabur aja di atas cake kemudian di beri taburan cheese Mozzarella dan di oven sebentar.

No comments: