Monday, October 17, 2011

Ayam Balado

Resep ayam balado ini resepnya Mbk Her herlina.tempo hari waktu maen ke rumah doi bw nie ayam.Rasanya bikin ketagihan,Dn sendiri sarapan pagi ya ini,beneran ampe nambah loch.kebetulan di rumah  miswa ma si kakak paling doyan makanan pedas.ya sud klop dah.Kata si kakak ma masak lagie donk masakan ini .Wuih nagih..
Menurut yg empunya resep katanya ya sy copas langsung resep aseli yg di kasih Mbk Lin

***Sebenernya lina gak pernah pake takaran mbak, suka2 aja, mungkin ini kira2nya mbak, bisa di sesuaikan dengan selera jika kurang suka pedes.***

Jadi nunggu apa lagie yuuk bikin,di jamin ketagihan dech..

Note:
Cara Dn Ayam yg di ungke tdk di goreng tapi langsung di campur ke bumbu cabe bwang putih bawang bombay cincang yg sdh di oseng sampai layu,baru di beri dashinomoto dan di beri telur yg sdh di rebus.cara ini hanya untuk memperkecil pengunaaan minyak saja.Disini minyak yg di gunakan hanya untuk oseng bumbu kurleb 1 1/2 sdm sj..Cara manapun terserah anda,balik keselera ya.Cabe yg Dn gunakan 30 biji.
Dis ini pula sy mengunakan tomat seger(tomat mini 9 buah)

Ayam Balado
Sumber:Her Herlina

Bahan:
Ayam 1 diungkep dulu dg 5 butir bawang putih giling, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 1/2 merica, garam lalu ungkep hingga ayam empuk. lalu angkat dan goreng hingga kuning.


Bumbu:
Cabe sekitar 15 - 20 butir
Tomat kaleng 1 atau tomat bulat uk sedang/besar 2 bh
bawang merah atau bawang bombay 1/2 butir

Cara:
1.Blender/ulek cabe dg setengah bagian tomat
2.Iris bawang bombay lalu tumis hingga harum, lalu masukkan setengah bagian tomat yg tersisa lalu tumis lagi hingga airnya sedikit berkurang lalu masukkan cabe yg udh dibleder tumis hingga harum .
3.Setelah harum masukkan garam dan dashi butiran. aduk2 sebentar angkat.

Selamat mencoba  :)

..

No comments: