Tuesday, April 3, 2012

Puding Sutera


Sebelum crita si Puding Sutera,DN mo curhat dulu .Minggu ini minggu super sibuk dan beneran bikin capek..karena harus menjenguk  ibu mertua yg di rawat di RS setiap hari.Belum lagi hrs nongkrongin rumah kontrakan yg sdg di renov.Masak buat anak anak yg kebetulan memang sdh liburan sekolah 2 minggu ini.Di tambah lagi  si kaka ada undangan KODOMONOHI (atau pesta untuk anak laki laki).
Acara ini sendiri sebetulnya di peringati setiap bulan mei yg jatuh pada tgl 5.DN sendiri sempat bingung,karena baru kali ini ada undangan special.
Dulu ketika masih di Mie_ken,tdk pernah ada undangan.Mungkin lain daerah di jepang lain pula tradisi dan budayanya.


Acaranya di rumah temannya si kakak,total anaknya 35 orang.di tambah ortu dan anak kecil smuanya 75 org.Ini bukan dari satu komplek tapi 4 komplek.Komplek 1 ibu ibunya di beri tugas membuat lauk pauk,Komplek 2 Menu utama .komplek ke 3 yaitu komplek di mana sy tinggal kebagian membuat dessert.Komplek ke 4 membawa buah buahan.Dananya sendiri dr dana organisasi anak (kodomokai) Kok Dn yg di beri tugas membuat dessert,simple aja jawabannya..Karena DN satu satunya penghuni UFO yg pertama di komplek sini ,jadi mereka kepingin icip menu khas UFO he he he .. 
Balik ke crita dessert yg dn buat,karena membuatnya lumayan cukup banyak 75 buah pastel dan 75 cups puding sutera.Hari senin pagi Dn belanja dan bikin isian pastel,sore harinya membuat adonan kulit pastel kemudian di beri isi dan di goreng setengah matang.Hari selasa pagi membuat lagi adonan pastel.rencananya hari rabu pagi baru smua pastel di goreng. jam 4 selasa sore start bkn puding ,di bantu suami yg membuat puding dan si  kecil yg memberi garnis si kakak yg ngasih ide nempelin sendok di atas tutp cups,dan menata puding ke dlm di boxs..Alhamdulillah akhirnya smua selesai juga sebelum makan malam.
Buat yg mau nyoba monggo ini resepnya..
Puding Sutera*
Bahan:
1 bks agar agar putih
1 kaleng susu kental
6 kaleng air (pake bekas suken )
2 sdm muncung gula pasir(suka suka kalo ini )
Buah kaleng suka suka(jangan buang airnya  untuk tambahan syrup)

Syrup*
Gula secukupnya
air lemon
air buah kaleng

Cara membuat:
Campur smua bahan aduk dan icip..rasanya.

Cara membuat:
Campur smua bahan aduk hingga tercampur,nyalakan api masak hingga matang.
Dinginkan dulu ding sebelum masuk cups,kecuali pakai cetakan dr gelas atau pyrex bs langsung masuk.
setelah dingin beri toping buah dan syrup

Selamat mencoba

Untuk pastel sy gunakan resep NCC,hanya di tambah udang kering pd kulit pastel.dan air hangat sy ganti dgn susu cair hangat dgn ukuran 200 ml /resep..
Note:kadang sy gunakan santan pd kulit resepnya tergantung selera kalo ini ya.Isiannya cuma kentang wortel telur rebus dan daun bawang aja..ini jg suka aja ya

No comments: