Thursday, November 24, 2011

LBT ke 10 Sweet Bread ANPAN


Nggak kerasa dach nyampe LBT 10 lagie,Ini Roti Anpan yg saya buat untuk LBT ke 10 kemaren.Resepnya sendiri mengunakan soft bread NCC..dan  isiannya selai kacang hitam atau angko sy beli jadi..
SOFT BREAD ( ROTI EMPUK)

By Fatmah Bahalwan
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
1/2 sdt bread improver
4 btr kuning telor300 ml air es ( sisakan yang 100 ml)
½ sdt garam

selai kacang merah (beli jadi)

Cara membuat:
Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata ( penting nih, garam kalau langsung dicampur ragi maka adonan tak akan ngembang)
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk.
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.

Catatan:
 sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalau adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit

Spy slalu di ingat /tema LBT sy langsung copas aja dr group lbt
Pada event LBT#10 kali ini kami team LBT telah menetapkan tema sebagai berikut:

Tema : SWEET BREAD
Host : Maulina Nuryani
Deskripsi :
Sweet Bread atau biasa kita kenal dengan istilah Roti Manis adalah jenis makanan yang berbahan dasar tepung terigu, air dan bahan-bahan lainnya yang di dalam proses pembuatannya melalui proses fermentasi ragi yang ditambahkan pada adonan. Hasil dari proses fermentasi itu menghasilkan gas yang membuat adonan roti menjadi mengembang.
Untuk membuat Sweet Bread atau roti manis, umumnya tepung yang digunakan adalah tepung terigu protein tinggi.
Adonan dasar Sweet Bread atau Roti Manis menggunakan gula dalam jumlah tertentu yg lebih banyak dari jenis roti lainnya, misalnya roti tawar, croissant, baquette, dll.
Rasa manis pada jenis roti ini bukan hanya dapat diperoleh dari gula, akan tetapi dapat diperoleh juga dari buah-buahan atau bahan makanan lainnya yang memiliki cita rasa manis.
Tentunya di antara teman-teman LBT-ers sudah ada yang pernah membuat sweet bread ini, tetapi tidak ada ruginya untuk membuatnya kembali dengan kreasi dan modifikasi yang baru yang belum pernah dibuat sebelumnya. Itung-itung olahraga tangan, hehe.. ^_^
Untuk resep dough-nya bisa menggunakan resep sederhana atau resep yang telah dimodifikasi, asalkan bercita rasa manis , bukan resep untuk roti yg tawar ya :D
Teman-teman bebas berkreasi menciptakan sweet bread dengan berbagai variasi bentuk, ukuran, topping, dan filling sesuai selera masing-masing. Untuk topping / fillingnya tidak harus manis seperti coklat, selai, dsb. Tetapi boleh juga memakai topping asin ( savory ) seperti abon, daging asap, ragout, bolognaise, dll. Mau pakai topping yang pedas juga silahkan :) Selamat berkreasi ya ^_^
Berikut Tips Pembuatan Roti :
1.Gunakan tepung terigu yang berprotein tinggi (Cakra Kembar, Gerbang Mas, K2, dll) dicampur tepung terigu yang berprotein sedang (misalnya : Segitiga Biru, Kompas, dll). Tujuan pencampuran tersebut adalah untuk menghasilkan roti yang empuk teksturnya dan kokoh strukturnya.
2..Pastikan menggunakan bahan-bahan yang masih baik, belum kadaluarsa dan timbang bahan secara teliti. Gunakan resep yang telah teruji.
3.Bila menggunakan telur, gunakan bagian kuningnya lebih banyak daripada putihnya. Kuning telur akan menambah keempukan roti manis karena mengandung emulsifier alami yaitu lesitin.
4.Pastikan adonan teruleni dengan baik hingga kalis sempurna. Tandanya adalah bila sejumlah kecil adonan direntangkan pelan-pelan dengan tangan akan membentuk lapisan film yang tipis dan tidak putus.
5.Setelah pengadukan, adonan harus diistirahatkan (fermentasi) kurang lebih 10 menit. Proses fermentasi awal ini harus cukup waktu, agar roti yang dihasilkan tidak menempel di gigi bila digigit. Tandanya adalah adonan telah mengembang menjadi kira-kira 2 kali besar adonan semula. Cara mengeceknya adalah tekan/sentuh pelan adonan dengan ujung jari kita, bila terlihat ada bekasnya, maka adonan siap untuk dipanggang.
6.Jangan meletakkan adonan roti selama fermentasi dekat dengan oven yang sedang dinyalakan, karena mengakibatkan roti menjadi kering.
7.Isi adonan roti manis sebaiknya dimasak lebih dahulu, bila sifat bahan isian tersebut tidak dapat langsung digunakan. Dinginkan dahulu sebelum diisikan ke dalam adonan roti manis.
8.Sebelum dibakar, permukaan adonan roti manis dipoles dengan kuning telur yang telah diencerkan dengan susu cair. Setelah matang, permukaan roti manis dipoles dengan margarin atau mentega agar tampak mengkilap.
9.Proses pembakaran cukup pada suhu oven sedang (175-180 derajat celcius), selama kurang lebih 15 menit. Bila terlalu lama, roti manis akan menjadi kering dan berkurang keempukannya. Perkiraan suhu dan lama pembakaran ini dapat bervariasi, tergantung dari jenis oven yang digunakan dan beberapa banyak adonan roti manis yang akan dibakar.
10.Simpan roti setelah dingin dalam kemasan tertutup untuk mencegah roti menjadi kering.
11.Jangan membungkus roti yang masih panas, karena mengakibatkan roti mudah berjamur.
( Dikumpulkan dari berbagai sumber )

No comments: