Monday, July 2, 2012

RAH-kyoh (Rakkyo/pickled shallot)

Thn 2012 ini sy terlambat membuat Pickles rakyo (asinan lokio),Hari minggu akhir bulan 6 (june)sy cari kemana mana si lokio ini sdh hampir punah.Alias sdh mulai tdk ada yg jual.Seharusnya pada awal bulan 6 kemaren membeli dan membuatnya.Karena pada saat ini sdg musim yg pasti sangat banyak di jual di mana mana .
Keterlambatan Dn,karena focus pada pembuatan umeboshi,juice ume,dan alkohol ume(yg ini untuk di berikan ke keluarga miswa dan tetangga yg sering ngasih sayuran sbg rasa terimaksih).Jadi terlalu capai untuk membuat Pickles rakyo ini.
Tapi Hari minggu kemaren miswa, minta di bikinin,hiks untuk membuatnya  perlu  kesabaran  yg tinggi,(pada bagian ngupas kulitnya yg beneran pinggang berasa patah,karena lokio hrs lus mulus).Beneran beuuuh ampun,kesel ,pinggang panas bangeuut.
Tapi mengingat tingginya manfaat dan kegunaan si lokio ini akhinya mau ngak mau di buat juga,sempat bilang ke doi, thn depan ogah bikin..Langsung doi  cemberutt dech..he he he he.
Kali ini yg masih natural berbungkus tanah nemu 4 kg dan sdh di bersihkan tinggal olah 2kg.Total  6 kg ,di buat jadi 2 resep berbeda.hanya Ingin tau perpedaan ke 2 resep ini saja.
Walopun sdh di potong  pada bagian ekornya (daunnya)tetep msh panjang untuk mengolahnya.
Disini sendiri Lokio di jual dgn 2 macam.yg sdh di bersihkan dari tanah tinggal mengolahdan sdh di bersihkan hanya di rendam sedikit air garam.Sejak berkenalan dgn yg namanya  lokio ini kurang lebih 10 thn yg lalu ,Dn lebih memilih yg masih natural aliar yg masih banyak tanahnya.Walopun beneran perlu perjuangan menbuatnya..Alasan memilih yg masih ada tanahnya yaitu,teksture dan rasa tdk bohong ,rasanya masih kres kres ketika di gigit juga tahan beberapa bulan bahkan thn.Untuk yg sdh di bersihkan  tdk menjawab karena selama ini slalu membuat yg masih natural..tapi thn ini Dn ingin mencobanya(sdh di buat tinggal nanti ya setelah ini di tayangkan Dn sendiri ingin tau ke2 perbedaan ini..duuh panjang amat ya oh ya..D
Sebelum Dn tulis resepnya akan d' ulas manfaat si  lokio ini ya


Lokio sejenis keluarga bawang (Dn dapat dari oom Goggle)..Ilmu yg Dn dapat dari ibu mertua sendiri kegunaan  lokio sendiri bermanfaat Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
Nah  si Lokio ini sendiri biasa d' sajikan ketika mengkonsumsi  makan makanan tinggi lemak.Seperti steak hamburger,gyouza dan teman teminnya..(cukup  5 atau 3 butir sekali menyantapnya).
Jadi tunggu apa lagi yuuuk konsumsi lokio yuuk.
Thn 2012 ini Dn tdk mengunakan resep Ibu mertua,ingin mencoba resep lain .Tapi nanti Dn posting juga ala ibumertua ya..
nyambung

No comments: