Monday, June 30, 2014

Kue Talam Labu kuning (talam kabocha)


Semangat malam men temen disini bentar lagi buka puasa,alhamdulillah menu takjil dn ngak pake neko neko talam kabocha ,kurma ma syrup marzan sajah..resepnya hasil ngintipin blognya mbk Ricke,,masih betah ngubek ngubek disana.masih banyak yg  mo dicoba(tapi bs ngak ya)..Makasih banyak resepnya ya mbk.
Talam nya  kurang mulus ya??ngak tau kenapa.apa minyak olesannya kurang banyak,atau waktu ngeluarin nyungkilnya(maab apa ya bhsnya ngeluarin kue dr cucing)kurang pinter kali ya.tapi bae ah ntar nyoba lagi biar bs mulus lus lus,ngobatin diri..disini dn pake setengah resep hasilnya mayan banyak,19 buah  pake cucing  keramik.
Sayangnya waktu pas mo di masukin ke kukusan sebagian tumpah padahal dach masuk cucing,aseli bengongg..capek capek bkn kok tumpah.jadi yg bs di selamtkan cuma 9 biji,inipun karena duluan di masukin kukusan.Tadi pas buka di icip kok kok kurang manis ya kurang manis(jujur hambar),pas baca lagi resep,oalaaaa gula lupa nimbang ya otomatis lupa masukin..dasar emak emak ya..nanti nyoba lagi ah sapa tau bs mulus bin ngak ada yg terlupakan.Resepnya dn copas langsung dr wall bunda ya..selamat mencoba jangan lupa  cantumkan sumbernya makasih
Kue Talam Labu Kuning
by Ricke Indriani

Bahan:
Lapisan Kuning (Bawah):
500 gram labu kuning, dikukus
300 ml santan sedang, matang (lebihkan sedikit saat membuat santan mentah, setelah matang ditakar menjadi 300 ml)
1/2 sdt garam
150 gram tepung sagu/tapioka
175 gram gula pasir (silahkan ditambah jika suka lebih manis)
 1/2 sdt vanili bubuk

*Lapisan Putih (Atas):
 400 ml santan kental matang
1/2 sdt garam
60 gram tepung beras
40 gram tepung sagu/tapioka
2 sdm gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk

*Cara membuat:
1. Panaskan dandang kukusan/klakat. Jika memakai dandang biasa, lapisi tutupnya dengan serbet bersih.
2. Lapisan bawah (kuning): Blender labu kuning dan setengah bagian santan sampai benar-benar halus. Tuang ke dalam wadah/baskom. Masukkan tepung sagu/tapioka, garam, gula pasir dan vanili bubuk. Aduk rata dengan hand whisk. Masukkan sisa santan sambil diaduk rata hingga adonan licin. Tuang ke dalam cetakan yang sudah diolesi sedikit minyak goreng.Isi sampai 2/3 tinggi cetakan. Kukus 10 menit.
2. Lapisan atas (putih):
Campur dan aduk rata semua bahan. Tuang ke atas lapisan bawah (kuning) tadi. Kukus kembali 10 menit atau hingga lapisan atas 'set' (memadat). Angkat. Biarkan sampai agak hangat dalam cetakan lalu keluarkan.

*Note:
Kadar air dalam labu kuning yang digunakan bisa berbeda-beda. Kebetulan saya menggunakan labu kuning yang kadar airnya sudah cukup banyak dan lembek setelah dikukus (labu kuning yang kecil, kulit luarnya hijau). Tapi ada juga jenis labu kuning yang kadar airnya lebih sedikit dan setelah dikukus bertekstur legit. Jumlah santan pada lapisan kuning bisa disesuaikan, adonan akhir cukup kentalnya, tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu berat.

No comments: