Monday, June 30, 2014

Pie susu (egg tart)


Egg tart,sudah lama pengen tau rasanya.Jadi setelah membuat pie coklat ,ngak pake lama dn coba membuat egg tart ini,resepnya punya mbk Ricke.mks ya mbk.Kulitnya ngemprul topingnya ngak enek dan ngak bau amis loch..ntar bkn lagi ah,untuk kulitnya sy langsung bkn satu resp sdgkan untuk isiannya sy bkn setengah resep.Pasmateng ngk langsung abis , iko langsung blg mo  ngasih temen barunya tetangga sebelah rumah 2 buah,dia sendiri abiss 3.Sisanya simpan di frezz di bungkus satu satu pake plastik.Maaf dapet berapa buah ya lupa ngitung dasarrr ya..Anak itu doyan banget tiap pulang sekolah langsung buka kulkas makan langsung 2.papanya jg gitu pulang kerja buka kulkas makan atu sm segelas kopi katanya enak.rasa ngak blenger pass,katanya lagi bs buat tea time bareng temen ..resepnya silahkan di intip. sy copas dr wallnya mbk Ricke
Tolong cantumkan sumbernya .

Egg Tart (Pie Susu)
by Ricke Indriani

*Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

*Cara membuat:
 Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

*Bahan filling:
300 ml susu kental manis (1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard 1-2 sdt
vanilla susu

*Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring. Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning. Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

No comments: