Wednesday, April 22, 2015

Roti Empuk (Resep Dasar Roti)


 Pagi men temen,skrg jam 9 pagi ketika sy nongkrong di depan kompi.Baru aja sarapan pagi selesai,tapi bangun seperti biasa jam 5,30 karena harus membuat bekal suami dan si kakak,adeknya sendiri masih dapat lunch di sekolah.Jadi cuma 2 bekal untuk skrg ini yg sy buat ( he he he sapa ygnanya ya).yosss yuuk ah kita melipir,mungkin banyak yg penasaran dgn resep roti yg sy buat.

Sebetulnya resepnya ngak pake neko neko dan jlimet sy slalu mengunakan resep NCC soft bread (roti empuk).Banyak resep  yg di claim super empuk super enak,banyak sudah sy coba.tapi sy lebih cocok resep di bawah..Resep sy copas dr blog ncc,resep aseli tinggal diubah sesuai selera aja..Kebetulan sy lebih condong roti yg sy jual dlm bentuk seperti roti kasur (besar).satu resep di atas jadi 2 roti besar..di gulung di beri abon ah step ini smua pada tau kan..selamat mencoba.




Roti Empuk (Resep Dasar Roti)

By : Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr    tepung terigu protein tinggi
100 gr    gula pasir
25 gr   susu bubuk
4 btr    kuning telur
11 gr   ragi instan
3 gr     bread improver
130 ml    susu cair
100 ml    air es
100 gr    mentega/margarin
1 sdt   garam
Bahan olesan:
Kocok rata: 3 btr telur, ½ sdt garam dan 2 sdm susu.

Cara membuatnya:

  1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
  2. Masukkan susu, air dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis. Istirahatkan adonan 15 menit. Adonan siap dibentuk.
  4. Potong dan timbang adonan @ 50 gr, bulatkan sempurna. Istirahatkan 15 menit lagi, lalu dibentuk dan diberi isi. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. Oles permukaannya dengan bahan olesan.
  5. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang. Angkat. Panas-panas langsung olesi permukaannya dengan mentega

ini alat bantu yg Dn gunakan spy hasil mengembang dgn maksimal..alhamdulillah baru punya skala kecil buat rumahan aja..soga kedepannya bisa punya yg lebih gede lagi.